RIVIEW FILM REAL STEEL




1.   Film yang bertema Artificial Intelligence
REAL STEEL

             Film yang bertema Artificial Intelligence salah satunya yaitu film “Real Steel”.film ini mengarah pada olahraga tinju telah mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Di mana, keterbatasan manusia saling beradu di atas ring, mulai tergantikan oleh teknologi robot yang dikendalikan manusia melalui remote control.Para robotlah yang bertarung layaknya petinju. Kekerasan nyata tanpa kontrol. Saling membantai sampai hancur berkeping-keping. Itulah tujuan akhirnya. adegan pertarungan di real steel Cerita Film diawali dari kehidupan Charlie Kenton (Hugh Jackman). Sang legenda tinju yang berjuang dari kesulitan hidup akibat hutang yang menumpuk karena selalu kalah dalam pertarungan tinju antar robot. Charlie pun mengalami kekalahan telak saat robot terakhir yang ia miliki, Ambush kalah dalam pertandingan melawan banteng.
             Charlie sangat senang karena ia bisa membeli Noishy Boy, Max sangat terpesona dengan robot Noishy Boy yang ada di depannya. Noishy Boy ternyata punya kelebihan dapat mengenali sensor suara, Max yang berhasil mencobanya pakai bahasa Jepang, lalu Bailey merubah setingannya ke bahasa Inggris, lalu Charlie juga bisa mencobanya.Charlie ingin menitipkan Max pada Bailey karena Charlie akan mengikutsertakan Noishy Boy pada pertandingan.  Max memaksa ikut Charlie akhirnya Charlie juga membawa Max. Max marah pada Charlie karena mempertaruhkan Noishy Boy demi nilai uang yang cukup tinggi. Prediksi Max ternyata benar Noishy Boy kalah ditangan robot Midas, Max sangat sedih karena di Jepang Noishy Boy adalah robot juara.
Charlie lalu membawa Max menyusup ke gudang robot – robot yang tidak terpakai, barangkali mereka menemukan sesuatu yang bisa untuk memperbaiki Noishy Boy.Tiba – tiba Max terjatuh ke tebing, beruntung Max tersangkut ditangan robot padahal dibawahnya ada aliran sungai yang sangat deras. Charlie lalu turun dan berhasil menyelamatkan Max. Max minta Charlie membantunya menggali robot yang tangannya telah menyelamatkannya, Charlie tidak mau dan bilang ia yang telah menyelamatkan Max. Max berhasil menggali dan membawa robot itu ke atas dengan susah payah. Charlie lalu minta tolong Bailey untuk memeriksa robot yang di bawa Max. Robot itu ternyata masih hidup dan bisa mengikuti gerakan manusia. Pertarungan Atom di Shafeer Zoo mendapatkan kemenangan dan dari sanalah kemenangan  demi kemenangan diraih Atom, seketika Atom menjadi terkenal dan kekuatannya menjadi perbincangan di mana – mana. Kemenangan beruntun yang diraih Atom membawanya ke pertandingan WRB ( World Robot Boxing ) di Virgin America Spectrum, di mana pertarungan itu bukan pertandingan kelas bawah yang biasa di ikuti oleh Charlie sebelumnya. Dalam pertandingan WRB ternyata Atom berhasil mengalahkan Twin Cities. Seketika semua media langsung meliput berita tentang kemenangan mereka. Atom, Charlie dan Max menjadi terkenal dan Bailey pun sangat senang. Atom masuk final untuk melawan Zeus dan akan membuktikan siapa real steel yang sesungguhnya. Final WRB tiba anatara Zeus dengan Atom, keduanya merupakan robot yang kuat dan tidak terkalahkan. Pertandingan itu ada 5 ronde, meskipun Atom terlihat sangat kuat di pertandingan tapi tetep skor nilai yang banyak didapatkan oleh Zeus. Padahal Zeus hampir mati kalau tidak diselamatkan oleh bel tanda pertandingan berakhir. Meskipun Atom hanya juara 2 tapi Atom mendapatkan julukan “juara rakyat”. Saat pertandingan final ini, Bailey, Marvin dan Debra juga ikut menyaksikan secara langsung.

2.  Ruang Lingkup pada film Real Steel (kecerdasan buatan)
a.   Sistem pakar(expert system)
 Robot ini bisa menyimpan pengetahuan dimemory ,sehingga memiliki keahlian menyelesaikan dengan meniru keahlian yang telah dipelajarinya.
b.   Pengolahan bahasa alami
Robot ini ada sistem yang bisa mengatur bahasa seperti bhs.inggris n jepang,dalam sistem yang sudah dipilih bahasa jepang maka pengguna harus bahasa jepang ,maka jika mengucapkan bahasa inggris robot tidak bergerak/menanggapinya.
c.    Pengenalan ucapan
Manusia dapat berbicara dengan robot ,karena robot mempunyai sistem voice/suara.
d.   SISTEM SENSOR
Ada beberapa sistem yang digunakan dalam robot ini diantaranya:
1.    Sistem sensor camera
2.    Sistem Sensor voice/suara
3.    Sistem sensor gerakan badan / gerak tubuh
4.    Menggunakan join stick control/manual yang sangat sederhana.

3.    ATURAN Artificial Intelligence dalam film Real Steel
Dalam film Real Steel jika ucapan yang tidak sesuai dengan apa yang sudah diprogamkan  dirobot maka robot tidak bisa mendeteksi ucapan dan gerakan.
Contoh ucapan yang benar :top salvo,gravity one down town,upercate,one two overload
Contoh ucapan yang salah :pukul ,berdiri,bangunlah
4.    OUTPUT Artificial Intelligence dalam film Real Steel
a.   Dalam film Real Steel output yang dikeluarkan jika menggunakan sensor kamera dan gerak tubuh ketika manusia bergerak robot bisa menirukan gerakan manusia ,contoh gerakan: upercate , right upper fist, avoid right boxing
b.   Dan jika menggunakan  Sistem Sensor voice/suara maka jika kita mengucapkan  upecate,right first,avoid right boxing maka setiap kata tadi itu disimpan dimemory terus dikonfersikan melalui gerakan-gerakan,robot akan langsung otomatis bergerak apa yang telah diucapkan.
c.     Menggunakan join stick controling manual, jika kita ingin gerakan upercate kita bisa menggerakannya di join stick dan robot akan bergerak sesuai apa yang telah kita inginkan.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS SIE Katalog Buku KELAS A